Yang terberat itu adalah……………..

Dalam hidup ini kita akan dihampiri oleh berbagai masalah.

itulah takdir yang sudah digariskan Yang Maha Pencipta bagi semua mahkluk-Nya.

Masalah itu diberikan untuk membuat kita semakin berpikir, merenung dan pada akhirnya makin menyandarkan diri kepada Nya. karena tidak ada yang bisa kita lakukan selain atas bantuan-Nya, atas kehendak-Nya.

Berat ringannya masalah itu kembali ke hati dan pikiran kita masing-masing. Jika kita merasa berat, ya semakin beratlah beban itu. tetapi jika kita merasa itu hanya sebagai ujian bagi kita dan semuanya kita serahkan kembali kepada-Nya untuk dibimbing dan diberi petunjuk, serta minta dimudahkan semua urusan, In Sya Allah semuanya akan jadi mudah.

Bukankah Allah sudah mengatakan dalam banyak ayat-Nya serta hadist dari nabi utusa-Nya, bahwa Allah tergantung kepada sangkaan hamba-Nya.

jika saya mengatakan kalau disertasi itu berat, memang berat karena kita harus mempertahankan apa yang sudah kita buat dengan segala argumentasi dan data /fakta/sumber rujukannya.

Tetapi yang lebih berat itu adalah: mengendalikan diri untuk tidak menyalahkan orang lain atas segala persoalan yang menimpa kita. yang berat itu iklas menerima takdir dari Allah berdasarkan apa yang sudah kita lakukan. karena Allah tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang tersebut punya keinginan dan kemauan untuk merubah dirinya sendiri.

Begitu banyak kita mendengar kata saling hujat, merasa diri paling benar diantara yang lain.

Bukannya menyelesaikan masalah, tetapi sering menambah masalah dan tidak merubah keadaan menjadi lebih baik.

Jadi, lebih baik selalu muhasabah diri, menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika kezaliman menimpa diri kita, selalulah berprasangka baik kepada Allah, kalau semua yang kita hadapi adalah untuk kebaikan kita di dunia dan akhirat, dan kepada Allah sajalah kita memohon pertolongan dan memohon perlindungan.

ini adalah cacatan penting untuk diri sendiri, jika yang membaca merasakan hal yang sama dan tercerahkan itu sungguh luar biasa.

Semoga menjadi cacatan yang baik hari ini.

Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s