TOPIK 1. ILMU ALAMIAH DASAR

REVIEW MATERI IAD: PERKEMBANGAN PENGETAHUAN
Materi kelompok satu ini ingin menggambarkan bagaimana rasa ingin tahu manusia karena akal yang dimilikinya melahirkan pengetahuan.

Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yg di anugrahkan ALLAH kepada manusia, menyebabkan pengetahuan yg sudah mereka peroleh, bisa diturunkan ke generasi berikutnya. Pengetahuan tersebut oleh generasi berikutnya selalu diperbaharui, diperkaya dengan temuan yang semakin baru. Hal ini terjadi selama berabad-abad, proses ini dinamakan akumulasi ilmu pengetahuan..

Ekspansi Islam ke wilayah-wilayah pusat peradaban dunia seperti yunani, membuat ilmuwan Islam berkenalan dengan filsafat. Namun berbeda dari filosof Yunani, yang ”memabukkan diri dengan berspekulasi”, para ilmuwan muslim itu mengikuti metode empiris yang dikembangkan Ibn Hayyan (721-815) yang sekarang dikenal dengan metoda ilmiah.

Ajaran Islam mendorong umatnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ini terlihat seperdelapan dari Al Qur’an yang terkandung dalam 750 ayat, merangsang, menegur dan mendorong umat Islam untuk melaksanakan kegiatan yang menjurus pada pengembangan sains. Memperhatikan hubungan sebab-akibat (kausalitas) dari fenomena alam yang terjadi, yang melahirkan ilmu pengetahuan alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s