Mitigasi Bencana

CATATAN PERKULIAHAN IAD

Topik mitigasi bencana ini berkaitan dengan pergerakan lempeng yang dibahas oleh kelompok 3.

selama magma bergerak, selama itu pula lempeng akan terus bertumbukan dan menimbulkan gempa.

ini sudah ada dalam surat an naml ayat 88—gunung yang bergerak seperti jalannya awan. artinya lempeng bumi akan selalu bergerak lambat tanpa disadari manusia, tetapi energi yang tersimpan akibat pergerakan ini akan menimbulkan gempa yang besar.

kita tinggal di wilayah yang sangat rawan gempa. sumbar dibelah dua oleh patahan sesar semangka yang bergerak berlawanan arah, satu ke utara satu ke selatan. disamping itu sumbar terletak di daerah pertemuan 2 lempeng besar. artinya kita berada di wilayah lempeng yang teraktif di dunia.

sekarang apa yang mesti kita lakukan untuk menghadapi gempa yang akan terus terjadi in?????

inilah alasan mengapa materi mitigasi bencana dimasukkan dalam perkuliahan IAD. supaya semua mahasiswa mempunyai pengetahuan tentang siaga bencana. apa yang mesti kita lakukan sebelum, saat dan sesudah bencaba terjadi. terutama sekali pasca bencana dalam hal pemulihan mental.

sebagai ustad dan ustazah, mahasiswa IAIN dan alumni IAIN mempunyai peran yang sangat besar dalam sosialisasi mitigasi bencana ini.

mudah2an dengan waktu yang terbatas, saudara makin rajin mencari informasi tentang mitigasi bencana ini. pengetahuan tentang hal ini berguna bagi diri sendiri dan keluarga dekat. untuk sekarang dan di masa yang akan datang.

kita harus belajar dari masyarakat dan pemerintah Jepang. apa yang sudah mereka lakukan sehingga mereka jadi siaga bencana. dan apa yang BELUM kita lakukan untuk menuju masyarakat yang SIAGA BENCANA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s