ILMU ALAMIAH DASAR

RINGKASAN MATERI ASTRONOMI IAD

Oleh : Milya Sari, S.Pd., M.Si
Alam semesta yang sangat luas ini tentu tidak muncul dengan sendirinya. Allah telah menyatakan hal ini dalam salah satu ayat-Nya Q.S. Al Anbiya : 30. Bumi yang kita injak sekarang dengan langit yang maha maha maha luas ternyata dahulunya berasal dari sesuatu yang padu. Melihat luasnya alam semesta dan besarnya ukuran bumi bagi kita tentulah hanya kekuatan yng maha maha dahsyat pula yang bisa memisahkannya.
Kenyataan alam semesta ini ada yang menciptakan selalu di hindari oleh para astronomi, namun bukti-bukti yang mereka kumpulkan disegenap penjuru alam justru menunjukkan bahwa alam semesta ini ada yang menciptakan. Sehingga teori yang diterima secara ilmiah yang menjelaskan terbentuknya alam semesta adalah teori yang menyatakan adanya sebuah ledakan maha maha dahsyat yang mengawali terbentuknya alam semesta. Teori ini dinamakan dengan BIG BANG.

Mahluk ciptaaan Allah yang dijumpai dialam semesta sangat sangat banyak. Satu yang spetakuler adalah galaksi. Satu galaksi ini memuat hingga ratusan milyar bintang. Sedangkan galaksi di alam semesta hasi dari pantauan sementara sudah ratusan milyar pula.

LUAAAAAR BIASA, NIKMAT TUHAN MANAKAH YANG KAMU DUSTAKAN?

Ada satu galaksi yang istemewa, karena didalamnya terdapat satu anggota yang juga istimewa, yaitu BUMI. Bumi merupakan satu planet kecil, yang menjadi anggota dari bintang yang ukurannya juga kecil dibandingkan dengan banyaknya bintang di luar angkasa sana. Namun di planet yang kecil inilah dijumpai adanya kehidupan.

Planet ini merupakan planet ke tiga dari delapan planet yang dimiliki oleh bintang yang bernama matahari. Matahari adalah pusat edar dari bumi. Intinya terdapat reaksi nuklir yang membuat bintang ini seperti bola api raksasa. Panas dari bola api inilah yang menghangatkan bumi diwaktu siangnya. Bukan hanya planet yang mengitari matahari, ada benda angkasa lain, seperti satelit yang mengiringi planet, asteroit , komet dan meteor yang bisa menabrak bumi kapan saja.

Semua ilmuwan penasaran, begitu luasnya alam semesta, kenapa kita tidak menjumpai tetangga kita?? Seperti apa bentuk mereka??
Namun ada yang istemewa dari bumi, yang tidak dimiliki oleh planet lain yang diduga sama dengan bumi. Dari posisi bintang matahari terhadap pusat galaksi, ukuran matahari, posisi bumi terhadap matahari, ukuran bumi dan lamanya waktu untuk satu kali rotasi, itu baru sebagian kecil dari keistimewaan bumi yang akhirnya diakui para ilmuwan, bahwa bumi ini adalah planet yang sudah dipersiapkan untuk adanya kehidupan. (akhirnya makin mengakui bahwa alam semesta ini ada yang menciptakan dan mengatur segalanya dengan sangat detil)

Setiap ada awal pasti ada akhir. Setiap yang beriman, harus yakin bahwa alam semesta akan berakhir. Kapan terjadinya tidak ada yang tahu. Namun apa yang akan dialami oleh bumi, digambarkan dalam banyak ayat Al Qur’an. Peristiwa kiamat adalah peristiwa yang luar biasa dahsyat, diantaranya bumi akan bergoncang sangat hebat, samudra yang menutupi 2/3 planet bumi akan meluap, terjadi tsumani yang sangat sangat besar. Kemana mau lari???????……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s